Pastinya ketika kalian sudah memiliki kemampuan dalam hal finansial untuk memenuhi segala sesuatu tentang kebutuhan pokok seperti rumah, pasti kalian akan dihadapkan oleh dua pilihan, yaitu apakan akan membeli rumah melalui developer atau memakai jasa seorang arsitek.

Kedua pilihan itu adalah kelebihan dan kekurangannya. Hal ini seperti ketika kalian ingin memenuhi kebutuhan pokok lainnya yaitu sandang/pangan dan masih banyak lagi pilihan-pilihan yang terkadang membuat kita sulit untuk menentukannya.

Orang yang memilih membeli rumah dari developer sebenarnya sama seperti orang yang membeli pakaian di departement store.

Yang dimana hal ini akan menjadi praktis karena kalian tinggal datang, pilih, bayar, dan bawa pulang.

 Namun, pada umumnya membeli baju di departement store adalah masalah ukuran.

Belum tentu model baju yang disukai memiliki ukuran yang pas karena baju tersebut diprosuksi di pabrik dengan beberapa kategori ukuran tertentu saja.

Ditambah lagi, biasanya juga perihal harga, belum tentu model baju yang kita inginkan harganya terjangkau. Masalah lain lagi, adalah seringkali kita pasti bertemu dengan orang lain yang memiliki pakaian yang sama persis dengan yang kita miliki.

Hal ini yang pastinya lumrah, karena pakaian di departement store diprosuksi massal sehingga kemungkinan besar akan bertemu dengan orang yang memiliki baju serupa.

Mungkin bagi sebagian orang hal ini bukan masalah, tetapi bagi sebagian orang lainnya akan merasa agak malu apabila ternyata pakaian yang dikenakannya adalah pakaian yang “pasaran”.

Nah, begitu juga dalam membeli rumah dari developer lho…

Rumah itu belum tentu cocok dengan yang kita inginkan, entah dari modelnya, atau spesifikasi materialnya, warnanya, kapasitasnya, besar kecilnya ruangan, ada tidaknya ventilasi, taman, dan lain sebagainya.

Sebaliknya, orang yang memilih untuk memakai jasa arsitek itu sama dengan orang yang memakai jasa penjahit untuk desain bajunya. Kendalanya biasanya adalah masalah waktu.

Tapi, kelebihan yang didapat ialah rumah kita pastinya tidak akan sama dengan rumah tetangga karena arsitek akan mendesain khusus untuk kita ya . Jangan pikir kalau memakai jasa arsitek itu mahal.

Bahkan para arsitek dapat membantu kita untuk mendesain rumah dengan material yang sesuai dengan budget yang dimilki, namun dengan model dan bentuk yang tetap elegan dan memukau.

sumber: IDEA